Polres Muara Enim Rutin Melaksankan Pemeriksaan dan Pengecekan Senpi Anggota

Polres Muara Enim menggelar pemeriksaan dan pengecekan berkala senjata api ( Senpi) dinas yang dipegang oleh personel Polres Muara Enim. Senin (03/10/2022)

Pemeriksaan dan pengecekan Personel yang memegang senpi dinas itu dilakukan setelah apel pagi di halaman Mapolres Muara Enim. Secara teknis Pemeriksaan dilakukan oleh Bag Log dan Sie Propam.

Pada kegiatan itu, anggota yang memegang senjata api dinas secara bergantian menjalani pemeriksaan dan pengecekan senpi dinas. Pengawasan pemeriksaan dilakukan oleh Kabag Log Kompol Ahmad Jais SE MM dan Kasi Propam Iptu Alatas.

Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto SIK MSi melalui Kasi Humas Iptu RTM Situmorang mengatakan kegiatan pemeriksaan dan pengecekan senpi merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkala.

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kelengkapan surat senjata, kelayakan senjata, kebersihan senjata, dan amunisinya. Tujuannya untuk memastikan senjata api dinas yang dipegang oleh anggota tetap dalam keadaan terawat dan tidak disalahgunakan,” ucap kasi humas

“Jangan sampai ada pelanggaran bagi pemegang senpi. Kita tahu tidak semua personel diizinkan untuk memegang senpi dinas. Personel yang memegang senpi dinas harus memenuhi syarat dan kriteria yang ditentukan,” jelasnya

Lebih Lanjut Kapolres Muara Enim Melalui Kasi Humas mengatakan anggota Polri yang memegang senpi dinas harus memenuhi beberapa syarat antara lain dinyatakan sehat dan lulus tes psikologi serta mempunyai mental kepribadian yang baik. Selain itu, personel yang mendapat prioritas memegang senpi pinjam pakai adalah mereka yang bertugas di bidang operasional.

“Pemegang senpi harus sesuai dengan aturan yang sudah di tentukan. Termasuk dalam pengamanan unjuk rasa, penggunaan senpi tidak di perbolehkan. Jadi hal ini perlu di pedomani seluruh personel,” tutupnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.