Dalam Ops Sikat II Musi tahun 2022, Sat Reskrim Polres Muara Enim berhasil ungkap 26 kasus 3C

Kepolisian Resor  (Polres ) Muara Enim berhasil ungkap mengungkap dua puluh enam kasus 3c dalam Operasi Sikat II Musi tahun 2022.Senin (17/10/2022)

Konferensi Pers yang dilaksanakan di halaman Mapolres Muara Enim dipimpin langsung oleh Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto SIK MSi didampingi Kasat Reskrim AKP Tony Saputra SH SIK , Kasi Humas Iptu RTM Situmorang, Para Kapolsek dan kanit jajaran Polres Muara Enim.

Operasi Sikat II Musi telah berlangsung selama 14 hari terhitung dari tanggal 28 September 2022 sampai dengan tanggal 11 oktober 2022.

Sasaran dari Ops Sikat II Musi tahun 2022 ini adalah Kasus curas, curat dan curanmor. Dari Ops yang digelar selama empat belas hari tersebut, Polres Muara Enim ajukan 2 kasus untuk diungkap, namun hasil yang dicapai Sat Reskrim Polres Muara Enim dan unit Reskrim Jajaran berhasil mengungkap kasus melebih dari yang diajukan.

Sebanyak dua puluh enam kasus yang terdiri dari satu kasus curas, dua puluh empat kasus curat dan satu kasus curanmor berhasil diungkap oleh Sat Reskrim Polres Muara Enim Beserta Unit Reskrim Polsek Jajaran selama Ops Sikat II Musi berlangsung.

Dari dua puluh enam kasus yang diungkap Satreskrim Polres Muara Enim berhasil mengamankan dua puluh empat pelaku yang terdiri dari dua puluh dewasa dan empat anak anak yang semuanya laki laki.

Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto SIK MSi mengatakan para pelaku melakukan aksinya dengan berbagai motif, motif pertama para pelaku melakukan aksinya karna terdesak oleh kebutuhan sosial, kedua untuk membeli narkoba dan yang ketiga guna mencari keuntungan pribadi dengan cara mengambil jalan pintas dengan melakukan tindak pidana kejahatan.

Modus para pelaku dalam melakukan aksinya pun bermacam macam dengan cara merusak, memotong dan memanjat pagar lalu masuk ke rumah dengan menggunakan kunci palsu atau duplikat dan lain sebagainya termasuk menggunakan kunci liter (T) yang dilakukan oleh pelaku tindak pidana curanmor, kemudian mengancam dengan menggunakan senjata tajam, serta merampas dengan paksa.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan berupa 2 Unit Mobil, 12 Unit Sepeda Motor Berbagai Jenis, 1 Buah Bpkb Motor, 1 Buah Kunci Kontak, 8 Unit HP Berbagai Merk, 1 Bilah Pisau, 1 Set Besi Portal, 3 Ekor Sapi, 1 Unit Mesin Genset, 1 Tabung Gas Ukuran 3 KG, 1 Set Gergaji Besi, 3 Buah Mata Gergaji Besi, 3 Batang Besi Sucker Road, dan 3 Gulung Tembaga Alumínium.

Selain 4 Gulung Tali Tambang, 4 Tabungan Plastik, 3 Buah Dompet Emas, 142 Buah Kelapa Sawit, 2 Buah Dodos, 1 Buah Gerobak Sorong, 10 Lembar Karung Plastik 50 kg, 1 Karung Plastik Berisi Kabel Listrik, 1 Lembar Kwitansi, 2 Helai Celana, 1 Kaleng Cat 50 Kg, 1 Kaleng Cat 2.5 Kg, 1 Set Gerinda , 3 Unit Flashdish, 1 Buah Linggis, 1 Set Kunci Pintu Merk Biz, serta 4 Buah Sayah Getah Karet juga berhasil diamankan.

Para tersangka diamankan di beberapa lokasi di wilayah Muara Enim maupun di luar wilayah Muara Enim seperti Palembang, Musi Banyuasin, OKUS, dan Prabumulih. Papar Kapolres dalam Konferensi Pers

Lebih Lanjut dalam wawancaranya, Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto SIK MSi mengucapkan rasa syukur akan keberhasilan jajarannya dalam mengungkap kasus.

“Alhamdulillah Sat Reskrim Polres Muara Enim bersama Unit Reksrim Polsek  Jajaran berhasil mengungkap kasus melebihi dari yang ditargetkan.”

“Ini Semua berkat dari kegigihat, semangat serta motivasi yang diberikan kepada anggota. Untuk melakukan penyelidikan dari ungkap kasus dan juga didukung informasi dan kerja sama dari masyarakat.” Lanjut Kapolres

“Para pelaku saat ini telah ditahan dan akan menjalani hukuman sesuai dengan perbuatan yang dilakukan, untuk pelaku Curas akan dikenakan Hukuman diatas 10 tahun penjara atau pun hukuman mati, untuk pelaku Curat dikenakan hukuman diatas 5 tahun penjarah dan curanmot akan dikenakan hukuman diatas 7 tahun penjara, tutup Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto SIK MSi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.