UPAYA SAT RESKRIM MENCEGAH BAHAYA BULLYING DI KALANGAN ANAK – ANAK

Polres Muara Enim News – Polres Muara Enim terus berupaya melakukan pencegahan agar tidak terjadi bullying terhadap anak. Salah satu bentuknya dengan melakukan Pembinaan dan Penyuluhan atau Binluh di lingkungan pendidikan.

Kegiatan Binluh yang dilakukan Sat Reskrim Polres Muara Enim dilaksanakan di Gedung Lapangan Tembak Polres Muara Enim dengan tema Mengenal Sanksi kekerasan fisik dan tindakan bullying, Rabu (26/10/2022).

Giat dihadiri oleh Kasat Reskrim Polres Muara Enim Akp Toni Saputra S.H.,S.I.K, KBO Reskrim Polres Muara Enim Ipda Yulisman, SH, Kasi Humas Polres Muara Enim Iptu Rtm Situmorang, Kanit PPA Polres Muara Enim Aipda Ridho Daryadi, Kaur Mintu Polres Muara Enim Aipda Viki, Personil Sat Reskrim Polres Muara Enim, Para Guru dan Siswa – Siswi Madrasah Aliyah Al Muzakir Ujan Mas Dalam Kab. Muara Enim.

Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto, S.I.K., M.si melalui Kasat Reskrim Polres Muara Enim  Akp Toni Saputra S.H.,S.I.K, menerangkan dalam upaya mencegah kejadian bullying di lingkungan sekolah mengeluarkan imbauan kepada sekolah-sekolah dari semua tingkatan. ” bullying  bisa terjadi di mana saja, baik itu di lingkungan sekolah maupun tempat tinggal. Untuk itu, kami meminta anak-anak agar tidak melakukan perilaku yang tidak menyenangkan, baik secara verbal fisik ataupun sosial di dunia maya ataupun nyata yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati, dan tertekan baik yang dilakukan perorangan ataupun kelompok

Maka dari itu, indakan bullying atau perundungan merupakan perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga. dan nama baik sekolah. “Aksi bullying berakibat buruk bagi pelajar bahkan sangat berpengaruh ke mental psikologis. Jika hal itu tidak segera dihentikan, bisa masuk ke ranah hukum,” tutup Akp Toni Saputra S.H.,S.I.K.

Kasi Humas Polres Muara Enim menambahkan Globalisasi dan kemajuan teknologi informasi telah memberi pengaruh besar dalam kehidupan manusia. Tidak hanya mempermudah berbagai aspek kehidupan manusia, namun juga meninmbulkan berbagai dampak negative yang harus siap kita antisipasi. Salah satu contoh nyata dari kemajuan teknologo tersebut, melalui media sosial yang digunakan untuk ujaran kebencian, hasutan bahkan melakukan tindakan bullying di dunia maya atau yang biasa disebut cyber bullying.

“Kondisi ini apabila dibiarkan tanpa tindakan nyata akan memelihara bibit-bibit pro kekerasan, bahkan berpotensi terjadinya gesekan, konflik sosial dan disintegrasi Bangsa. Lembaga Polri dan Komunitas sekolah memiliki tugas mulia untuk saling bersinergi secara optimal melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi tentang perilaku Bullying dan kekerasan fisik serta upaya pencegahan. Kata Iptu Rtm Situmorang.

Akke Joshe Rally, S.Pd selaku Kordinator Guru Madrasah Aliyah Al Muzakir mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Polres Muara Enim yang menfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.